Penciptaan Gunung

Berdasarkan apa yang diceritakan oleh Alqur'an tentang bagaimana gambaran terbentuknya gunung-gunung dipermukaan bumi meskipun tidak secara detail....kita mudah memaknainya bahwa Bumi muda yang mengandung api mulai ditutupi debu yang kian lama kian menebalyang kemudian disebut tanah,lalu diturunkannya hujan yang dari hujan berfungsi sebagai Pendingin bumi juga sebagai penumbuh bumi yang mengandung cikal-bakal tumbuhan, bumi terus berputar api yang ada didalamnya terus mendesak sehingga bumi pada masa itu belum stabil pada putaran revolusinya,guncangan demi guncangan terjadi disana-sini pada bagian sisinya,sebagai maksud agar kelak ketika ditempati Khalifah dan keturunannya bumi tidak lagi mengguncangkan mereka sedahsat dan sesering kala itu.

Gunung adalah Stabilisator bumi agar kamu tidak terguncang....gunung adalah Pasak Bumi agar Awan yang mengandung hujan dapat berkumpul lalu menurunkan hujan dan dengan hujan itu ditumbuhkannya bumi dari matinya,yang tumbuhannya mengandung makanan yang bisa dipergunakan untuk keturunan Khalifah Bumi (Bani Adam) , perkataan ini akan anda temui dalam ayat ini:

Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu ; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit , lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. ( QS.Luqman 31:10 )

Maka tatkala kita berada di ketinggian gunung kita akan melihat kita berada di atas awan yang mengandung hujan...inilah bagaimana takjubnya kita ketika kita berada di atas gunung ...kita sungguh kecil dan Allah-lah Yang Maha Besar Dia bawa air untuk mengairi yang lebih tinggi lalu diturunkan melalui anak sungai kepada daerah terendah,yang sering disisi sungai itu kamu jadikan jalan agar tidak tersesat. Sungguh Maha Adil bukan? adakah manusia yang mampu melakukan ini, meskipun kamu sebut lebih tinggi daripadaNya?

Mudah-mudahan dari gunung kita bisa belajar membaca bagaimana Tuhan Semesta Alam ini bercerita tentang keberadaanNya...mudah-mudahan kamu sadar dengan itu jika kamu mempergunakan akal yang sehat.

Kiriman : Amroo

1 komentar:

Gumilang mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat, berharap orang lain membacanya juga :)

Design by Kingdom of Heaven