Misteri Gunung Ciremei

Tempat - tempat yang kebetulan menjadi pos tetapi mempunyai nuansa mistik teramat kuat. Uniknya, tiap - tiap nama pos mempunyai latar belakang tersendiri serta berbeda antar satu dengan lainnya. Di antaranya adalah blok kuburan kuda. Di areal ini konon terdapat kuburan kuda milik tentara jepang. Kuda tersebut , biasa dipergunakan oleh para kempetai untuk mengontrol para pekerja rodi yang menanam kopi. Dan kuburan yang terletak di sebelah barat jalur pendakian, sampai sekarang masih ada dan dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Blok papa tere lain lagi. Konon, dahulu di sini pernah terjadi pembunuhan terhadap seorang anak yang dilakukan oleh ayah tirinya . Bermula, sang anak diajak oleh ayah tirinya untuk mendaki gunung Ceremai. Setibanya di tempai ini , sang ayah langsung menikam anaknya hingga tewas.

Sedangkan blok batu lingga merupakan tempat yang sangat disakralkan oleh penduduk setempat. Untuk itu, guna menghindari hal hal yang tak diinginkan maka para pendaki pun dilarang untuk menduduki sebuah batu besar atau berbuat yang tak senonoh di tempat ini. Konon, batu ini pernah dijadikan tempat berkotbah wali songo kepada para pengikutnya . Di dekat batu lingga terdapat sebuah in memoriam pendaki. Menurut kisah pendaki itu tewas karena sesuatu yang aneh di batulingga. Tepatnya, pada tahun 1999 dan dari ketiga pendaki, hanya seorang yang selamat. Sedangkan dua lainnya tewas dengan mengeluarkan lendir dari mulutnya. Menurut kepercayaan, blok batu lingga ini di jaga oleh dua makluk halus bernama aki dan nini serentet buntet.

Blok sangga buana, yang arti harfiahnya adalah penyangga bumi. Areal ini berfungsi untuk menahan aliran lahar bila gunung ceremai meletus. Maksudnya agar lahar tidak mengarah ke linggarjati, tetapi ketempat lain.

Dan akhirnya adalah blok pengsungan atau pengasinan tempatnya amat terbuka. Disini terdapat ladang yang tak pernah layu , edelweiss. Dari tempat ini kita dapat memandang lepas keindahan kota Cirebon serta pemandangan laut Jawa. Bukan hanya itu, disini juga kita bisa puas memandang keindahan matahari terbit . Jarang orang mengetahui jika tempati ini sejajar dengan puncak gunung Slamet yang ada di jawa tengah. Menurut sejarah, pada masa pendudukan Jepang, pengasinan merupakan tempat pembuangan tawanan perang. Mungkin karena itu pada malam malam tertentu, sering terdengar suara jeritan atau derap langkah kaki para serdadu jepang. Sudah barang tentu, suara itu datang dari alam halus.

12 komentar:

resep masakan nusantara mengatakan...

wah saya pernah ke gnung ciremai kuningan

contoh surat lamaran mengatakan...

memang gunung ciremai agak angker

aneka resep masakan mengatakan...

banyak pendaki yang tersesat di gunung itu

RAGAM RESEP MASAKAN mengatakan...

gunung angker tu

kumpulan resep masakan mengatakan...

memang banyak misteri di gunung itu

nur mengatakan...

Apa benar gunung ciremai itu penuh misteri?

Shofwan (FILOVAN) mengatakan...

Mitos...
asalkan kita ingat kepada Allah, makhluk apapun gk ada yg brani..serta gunakan peralatan pendaki dengan lengkap dan aman...
alhamdulillah saya sudah mendaki 4 gunung d jawa dan 1 gunung di pulau NTB gpp..
yg penting tujuan anda bukan karena maksiat atau hal-hal yang dilarang agama..insya allah selamat...

Ade...COMPS mengatakan...

Ade....
Misteri tu emng ada
aslkan qt tdk merusak,mengganggu,mengotori tmpt trsebut isya allah qt bkln slmat.
Alam buat qt nikmti,bukn untuk qt rusak.

Branta Kusumanagara mengatakan...

benae brow..gara2 w duduk di batu lingga, eh akhirnya w gk bisa nyampe puncak..n turun balik tersesat sendirian ditinggal jauh temen w turun..tpi akhirnya w ktemu tmen lgi di kuburan kuda,,dia lg asik masak indomie rebus khusu buat w yg kelelahan..mantap akhir cerita yg bagus.

Muchlis Abdillah mengatakan...

Gunung cermai alamatnya nini pelet....

Gumilang mengatakan...

Informasi yang menarik nih gan, thank ya :)

obat mujarab untuk kanker darah mengatakan...

jadi pingin

Design by Kingdom of Heaven